1 3000 1 300 120 30 https://www.yuniarwijananto.com 960

Review Buku Koala Kumal

Kali ini gue mau ngasih sedikit review tentang buku ke-7 Raditya Dika, lebih tepatnya anak ke-7 Raditya Dika. Udah tua banget ya dia punya anak 7. Buku koala kumal sendiri terbit di toko buku mulai tanggal 17 Januari 2015. Tapi […]

Kali ini gue mau ngasih sedikit review tentang buku ke-7 Raditya Dika, lebih tepatnya anak ke-7 Raditya Dika. Udah tua banget ya dia punya anak 7. Buku koala kumal sendiri terbit di toko buku mulai tanggal 17 Januari 2015. Tapi karena gue ganteng, gue bisa membeli buku ini sebelum bukunya terbit. Radit membuka pembelian buku Koala Kumal ini secara online dengan sistem Preorder yang dimulai pada tanggal 15-25 Desember 2014 kemarin di website belikoalakumal.com. Dan yang membeli buku selama masa Preorder tersebut mendapatkan tanda tangannya, serta untuk 1000 pembeli pertama juga mendapatkan kaos eksklusif koala kumal, dan bagi 3 pemenang beruntung akan diajak jalan-jalan ke Ragunan bareng dia. Seru banget pastinya. Dan seperti yang kalian duga, gue mendapatkan kaosnya juga *ketawa bengis*.

Pada saat dibuka tepatnya jam 00.00 WIB tanggal 15 Januari 2014 kemarin seperti yang gue duga website belikoalakumal.com down, yup server website tersebut tidak kuat menampung user online yang sedang membuka belikoalakumal.com secara bersamaan. Bisa dibayangkan jika setengah follower twitter Raditya Dika membuka secara bersamaan, Tau sendiri kan follower dia berapa? 9juta men. Gue sempet panik waktu itu, gue goyang-goyangin pc gue tapi gak ngaruh. Sebagai salah satu orang paling ganteng se-Asia Tenggara tentu saja gue gak menyerah, dan tentu saja tetep gak bisa diakses. Baru setelah satu jam akhirnya gue bisa sukses membeli tu buku *lap keringet*. Perjuangan gue perlu di apresiasikan, dengan semangkuk bakso. Ya gue akhirnya makan karena lelah mencet refresh berkali-kali. Dan inilah hasilnya, review gue tentang buku koala kumal.

IMG_20150110_141211

Seperti pada buku-buku Raditya Dika sebelumnya, buku ini (masih) menceritakan tentang kisah hidupnya mengenai cinta. Tapi kali ini lebih ke masalah patah hati. Bagaimana rasanya patah hati karena tidak bisa mengungkapkan perasaan sampai patah hati karena sang pacar meninggalkan dia demi orang lain. Seperti biasa dia menambahkan sisi humor atau komedi dalam ceritanya. Istilah yang dia pake adalah komedi dengan hati.

Bab 1 : Ada Jangwe di Kepalaku

Pada bab pertama ini dia menceritakan tentang kehidupannya semasa SD yang kerjaannya cuma main game mulu. Sampai suatu ketika dia bertemu dengan Bahri dan Dodo. Mereka berdua yang ngebuat si Radit mampu melupakan kegiatan bermain game nya dan bermain seperti anak SD pada umumnya. Bermain yang beneran, bermain dengan manusia-manusia normal. Sampai akhirnya ada suatu kejadian yang ngebuat pertemanan mereka bubar. Dia patah hati terhadap persahabatan. Model patah hati yang gue nggak ngerti maksudnya victory. Pada bab pertama ini gue malah ngebayangin masa SD gue yang kerjaannya cuman main mulu tiap hari, entah main layangan, mandi bareng di kali, dan hal-hal aneh lainnya. Ada poin penting pada bab ini yaitu: banyak kegiatan masa kecil yang seru untuk dilakukan ketika kita masih kecil, tetapi ketika udah besar malah jadi nggak seru. Seperti misalnya, mandi bareng di kali, teriak-teriak nggak jelas, serta pamerin titit. Jika gue dan temen-temen gue yang berumur 25 tahun dan mandi di kali bareng-bareng mamerin titit…. pasti kelihatannya sangat-sangat mengerikan.

Bab 2 : Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film

Di bab ini Radit menceritakan tentang proses pembuatan film Cinta Brontosaurus. Gimana dia dikejar deadline untuk pembuatan naskahnya dan hal lainnya. Gue malah keinget ketika nonton film ini bareng dia. verysad Dia yang udah ngebuat gue nggak makan 3 hari 3 malem, untung gue masih idup. Gue masih simpen tiketnya, nih ada fotonya dibawah. Tapi tidak dengan foto gue sama dia, gue udah buang, karena kalo gue lihat berasa kayak ngeliat dua orang sudah mati. Hubungan yang sudah mati.

Bab 3 : Balada Lelaki Tomboi

Bab ini menceritakan gimana dia bisa bertemu dengan seekor cewek tomboi, sampai akhirnya jadian yang memerlukan usaha yang ekstra sangat sulit bagi cowok yang lagi pedekate sama cewek, seperti membangun seribu candi dalam satu malam. Oke kalo ini gue ngarang. Sampai akhirnya dia diputuskan karena si cewek memilih teman lamanya. Sad ending.

Bab 4 : Panduan Cowok dalam Menghadapi Penolakan

Nggak usah gue jelasin, disini berisi panduan dia buat kalian yang sering ditolak cewek. Buat para jomblo seperti kalian wajib baca bab ini.

Bab 5 : Kucing Story

Disini mengisahkan bagaimana usaha Raditya Dika untuk melawan rasa kesepian setelah bertemu dengan mantan. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk memelihara binatang untuk menghilangkan kesepian. Dia mencari hewan peliharaan di beberapa peternakan kucing (breeder) untuk dijadikan teman bermain di rumah untuk menghilangkan rasa sepi, yang seharusnya dia mencari seorang istri. Beberapa tempat breeder besar dia datangi, walaupun akhirnya dia membeli seekor kucing di breeder kecil yang nggak diduga. Mirip kayak jodoh. Kadang di tempat terbaik sekalipun bisa nggak ketemu.

Bab 6 : LB

Agak ngenes juga gue baca bab ini. Radit menceritakan tentang kisahnya saat shooting di Thailand dan bertemu dengan seseorang yang ngebuat cowok pengin mati kalo mengalami kejadian kayak dia. Melalui seorang teman si Radit dikenalin dengan aplikasi handphone untuk mencari jodoh, seperti BeeTalk jaman sekarang ini. Singkat cerita dia nge-Love beberapa akun cewek sampai akhirnya dia di-Love balik oleh satu akun cewek. Cewek tersebut menulis LB dibagian kolom profil. Dia Chat cewek tersebut lalu ngajakin ketemuan. Disinilah petaka bagi Radit, cewek yang ditemuin tersebut memanglah cantik, tapi dia nggak tahu satu hal tentang Thailand kalo cowok disana tak kalah cantiknya (begitu info yang gue baca di internet). LD yang dimaksud ternyata adalah Lady Boy, yup cewek tersebut ternyata waria, lebih tepatnya Banci, kalo di Indonesia biasa disebut Bencong.

Bencong mengingatkan gue dengan kejadian naas yang sempet menimpa gue. Kejadian ini terjadi waktu gue sama pacar gue (waktu itu) serta temen-temen gue 10 orang sedang liburan di Jogja. Waktu itu kita bersepuluh sedang di Malioboro ceritanya belanja disana. Waktu itu kita bertiga (gue, pacar gue, dan satu temen cewek) udah ditungguin sama yang lain buat ngumpul di depan Kantor Pos Besar Jogja. Dalam perjalanan mengambil kitab suci kesana kita bertiga mampir disebuah angkringan pinggir jalan Malioboro buat beli minum karena capek dan haus. Disinilah petaka buat gue bermula, saat sedang asyiknya minum es teh manis yang segar datanglah seekor bencong buat ngamen. Makhluk ini ngamen di belakang kita menyanyikan sebuah lagu dangdut, begini lagu yang dia nyanyikan “Tak sawang-sawang kowe ganteng tenan, Rasane aku pengen kenalan, Kenalan neng lesehan, Wonge ganteng nganggo klambi abang”. Pas sekali dengan baju yang gue pake, warna merah. Dia ngamen sambil grepe-grepe punggung gue. Anjriiiittttt….. Karena nggak mau lama-lama punggung gue gatal-gatal karena grepe-an seekor bencong, gue kasih duaribu agar dia cepet pergi. Dia pun akhirnya pergi dan mengucapkan “Makasih ganteng”. Kamprettttt!!!! eat Buat kalian yang ingin dibilang ganteng silahkan praktekin persis kayak gue, kasih uang duaribu ke bencong, niscaya lo akan dibilang ganteng. Sesimpel itu.

Bab 7 : Perempuan Tanpa Nama

Buat kalian yang pernah mengalami momen dimana kalian bertemu dengan orang lain dan merasa ingin banget kenalan sama orang itu tapi nggak berani kenalan wajib baca bab ini. Radit mengisahkan gimana dia beberapa kali bertemu dengan cewek dan nggak berani ngajak kenalan, sampai dia menamakan cewek yang nggak-berani-dia-ajak-kenalan dengan sebutan Perempuan Tanpa Nama.

Bab 8 : Menciptakan Miko

Kalian pernah melihat serial Youtube Malam Minggu Miko? Baca bab ini deh, kalian akan tau gimana proses dia menciptakan Malam Minggu Miko sampai akhirnya ditawarin untuk menayangkan projek tersebut di KompasTV.

Bab 9 : Lebih Seram dari Jurit Malam

Pada bab 9 ini dia menceritakan tentang dia semasa SMP yang tanpa sadar membuat orang patah hati. Orang tersebut adalah adik kelasnya, dia nggak sadar kalo ditaksir. Mungkin kalo terjadi jaman sekarang, orang seperti Radit bakal diteriakin DASAR COWOK NGGAK PEKA!!!

Bab 10: Patah Hati Terhebat

Di bab ini Radit menceritakan kisah seorang temen dekatnya, cewek bernama Trisna. Dia mengalami patah hati terhebat dalam hidupnya, bukan diputusin cowoknya, bukan pula diselingkuhin, tapi ditinggal mati. Poin penting yang gue ambil dari bab ini “Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia ngelihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu”. Seperti gue sekarang dalam memandang cinta.

Bab 11 : Aku Ketemu Orang Lain

Begitu juga dengan Bab ini, masih tentang patah hati. Setelah pacaran LDR 2 tahun, Radit diputusin karena si pacar bertemu dengan orang lain. Sakit.

Bab 12 : Koala Kumal

Pada bab terakhir ini  diceritakan makna dibalik judul Koala Kumal. Cerita-cerita dalam buku ini memiliki satu benang merah yang sama : tentang patah hati. “Gue tidak mau seperti seekor koala kumal yang pulang ke tempat yang dulu nyaman untuknya, menyadari bahwa tempat itu telah berubah, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa.”

Akhirnya selesai juga, silahkan beli buku Koala Kumal ini di Toko Buku terdekat pada tanggal 17 Januari nanti. ilovemoneyOh ya, ada beberapa Quote yang menarik dari buku ini.

“Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia ngelihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu”

“Problemnya, bukan mencari orang yang lebih baru, tetapi untuk memperjuangkan yang nyaman”

“Perlu berapa kali diselingkuhi agar kita kuat menghadapi patah hati?”

“Selalu, yang baru akan terlihat lebih baik daripada yang lama”

“Gak ada yang terlalu muda untuk Jatuh Cinta kan?”

“Suatu tempat baru bisa jadi istimewa kalau tetap jadi baru. Kalau udah lama, jadinya biasa aja”

“Semua orang pernah Patah Hati dan Patah hati mengubah cara pandangnya terhadap Cinta seumur hidup”

Yuniar Wijananto

Saya hanyalah seorang blogger newbie GANTENG setengah cakep, setengah waras, setengah gila, setengah homo, setengah jomblo, tapi mencintai kamu nggak setengah-setengah.

Previous Post
Cerita Lama Belum Ke...
Next Post
Tips Menjadi Cowok C...
0 Comments
    Leave a Reply